Review Mobil New Spark Chevrolet 2010

Review Mobil New Spark Chevrolet 2010
Merk: Chevrolet
Model: All-New Spark (a.k.a. Daewoo Matiz / Chevy Beat / All-Spark~nickname)
Transmisi: Transformatic (semi otomatis)
Tahun Pembuatan: 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): RP 147.500.000,- OTR JaBoDeTaBek
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): n/a

Spesifikasi :
Mesin
Kode Mesin   :  S-Tec II
Jenis Mesin   :   Bensin
Keterangan Mesin  :   DOHC 16 V With Port De-Activation (PDA) Technology
Kapasitas   :  1,206
Daya Maksimum   :  82 ps/6,400 rpm
Torsi Maksimum   :  108 nm/4,800 rpm
Rasio Kompresi   :  1:9.8
Kapasitas BBM   :  35 Liter
Transmisi
Jenis Transmisi   :  Manual
Keterangan Transmisi   :  5-Kecepatan (M)
Sistem Penggerak  :   AWD
Dimensi
Panjang   :  3,640 mm
Lebar   :  1,597 mm
Tinggi   :  1,551 mm
Celah Tanah  :   132 mm
Jarak Sumbu Roda  :   2,375 mm
Jarak Pijak Depan   :  1,410 mm
Jarak Pijak Belakang   :  1,417 mm
Radius Putar   :  5 m
Berat   :  910 kg
Jenis Rangka   :  Monocoque
Jumlah Pintu  :   5
Jumlah Penumpang   :  5

Ulasan :

Mobil New Spark Chevrolet 2010 ini merupakan produk terbaru dari GMDAT di Indonesia untuk menggantikan model Spark/Matiz model sebelumnya, memang model desain eropanya lebih terasa dan juga dari ukuran mobil lebih besar dari model Spark/Matiz sebelumnya.

Dalam kelas K-Car, Chevy Spark/Beat sejajar dengan Suzuki Splash, Suzuki New-Karimun Estilo, Hyundai i10, Proton Savvy & Cherry QQ.

Positif:
  • Ukuran body mobil lebih besar dari model sebelumnya dan sangat berguna bagi pengemudi dan penumpang karena terasa lebih luas
  • Mesin 1200cc lebih bertenaga dan tidak terkesan biasa
  • Harga relatif terjangkau Rp 139 Juta untuk transmisi manual sedangkan Rp 147 Juta untuk transmisi semi otomatis
  • Dasbor dan Panel instrumen lebih atraktif
Negatif:
  • Dasbor lebih panjang, terkesan seperti mobil lama (jadul), dan lebih mirip menyetir kapal
  • Ukuran lingkar roda 14 inci ini mengurangi handling mobil
  • Chevrolet masih belum familiar di masyrakat
  • Jaringan dealer & bengkel resmi masih sedikit, sehingga kalau service agak sulit
  • Switch panel power window pada pintu depan kurang ergonomis bentuknya yang turun melandai(mungil) menyulitkan penggunanya.

Ringkasan:
Jawaban GMAWI selaku ATPM Chevrolet di Indonesia atas dirilisnya Suzuki Splash, secara umum desain keduanya sama-sama unik dengan ukuran tergolong agak gemuk namun memberikan kenyamanan bagi penggunanya karena lebih luas.

Pendapat ReviewMobils (subjective):

Untuk keseluruhan mobil ini tidak terlalu mengecewakan, terkecuali masalah roda yang kurang "menggigit" aspal karena kembang ban yang sempit, namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengganti ukuran ban yang lebih besar dari stadardnya. Dengan lingkar roda 15 inci serta kembang ban lebih lebar saya rasa masalah tersebut bisa teratasi.

Karakter mesin & FC juga beda tipis dibanding dengan Suzuki Splash model sebelumnya, berkisar antara 1:14 untuk rute kombinasi dengan BBM RON92.

Karakter transmisi manual untuk gigi 1 - 2 lebih lambat dibanding Splash tapi karakter gigi 3 - 4 - 5 sama persis, untuk opsi transmisi semi-otomatisnya lebih baik untuk penggunaan dalam kota namun lagi-lagi mungkin karena masalah ban tersebut akselerasi mobil ini berkurang.

Untuk masalah body mobil yang terlalu rendah dari model sebelumnya bisa diatasi jika anda mampu membeli per atau shock breaker mobil.


Category Article ,
Powered by Blogger.