Review Mobil BMW E30 318i (M40)

BMW E30 318i (M40)Merk: BMW
Model: E30 318i (M40)
Transmisi: Otomatis 5 Percepatan
Tahun Pembuatan: 1982-1988 (M10), 1988-1991 (M40)
Harga Baru: 56.000.000 (1989)
Harga Second: 33-41jt

Spesifikasi Kendaraan:
PW, PS (tergantung tahun), RWD, Independent Suspension
Mesin M10: 105hp & 140Nm
Mesin M40: 115hp & 165Nm

Ulasan:
Mobil BMW E30 ini merupakan salah satu model terawet dari pabrikan Bavaria. Di Indonesia mobil ini dibekali mesin 1800cc dengan sistem Injeksi L Jetronic (M10) dan Motronic (M40). Jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya, BMW E30 adalah mobil yang menakjubkan namun dengan kelengkapan yang ada tergolong kurang dan ruang interior belakang bisa dikatakan sederhana.

Walaupun demikian, desain E30 tetap kekal sepanjang masa, dan dari sudut manapun mobil ini berjiwa muda. Apalgi jika dilihat dari sektor tenaga, mobil ini tidak perlu diragukan lagi, dalam keadaan standar mobil ini sanggup dibawa hingga 192kmh, dan handlingnya pun tidak bisa dibilang buruk. Karena justru mobil ini terkenal di bagian handlingya yang selalu bisa membuat senyum bagi siapapun pengendaranya.

Dilihat dari desain interiornya, mobil ini memang dikhususkan untuk pengemudinya, bisa dikatakan dalam sektor ini mobil ini agak egois seperti anak kecil yang tidak mau memberikan permen ke orang lain. Mulai dari desain dashboard yang membengkok ke pengemudi sampai saluran udara ac yang dalam keadaan normal mengarah ke pengemudi. Mobil ini memang dibuat untuk dikendarai. Inilah hasil awal dari semboyan BMW yang paling terkenal “The Ultimate Driving Machine”.

Positif:
- Mesin yang selalu ingin berteriak
- Posisi mengemudi yang menakjubkan lebih dari kata nyaman
- Handling yang spektakular
- Irit BBM
- Sparepart SANGAT murah

Negatif:
- Interior belakang sempit
- Kelengkapan minim
- Rem standar kurang untuk tenaga mesin yang ada
- Jarak antara mesin dan tanah dekat

Ringkasan:
Ini salah satu mobil terbaik BMW untuk dimiliki, karena spare part yang murah dan banyak disediakan dibeberapa bengkel serta irit bahan bakar (ini juga merupakan BMW terakhir yang masih disarankan untuk menggunakan BBM jenis Premium oleh manual booknya). Terlebih lagi, styling yang tidak membuat bosan dan banyak sekali aftermarket parts kalau mau modifikasi retro.

Pendapat ReviewMobils (subjective):
Cari yang doortrimnya masih original karena itu mahal sekali nilainya. Jok nggak terlalu masalah karena mobil ini joknya memang cepat rusak yang originalnyanya (beludru).


Category Article ,
Powered by Blogger.